Apa Untungnya Menulis di Blog Dibandingkan Menulis di Buku?

11/28/2016 02:35:00 pm

Tulisan ini sebenarnya merupakan jawaban dari pertanyaan teman saya Mukhofas Al Fikri "Apa sih untungnya menulis di blog dibandingkan menulis di buku?" sebagai admin dari baublogging.com. Setelah melalui berbagai pemikiran panjang tentang keuntungannya, akhirnya saya menemukan jawaban seperti ini. Kendatipun, saya juga ingin menulis buku di kemudian hari. Semoga cita-cita ini dapat tercapai. Amin...

Menulis di blog atau buku sebenrnya merupakan hal yang bermanfaat. Keduanya akan membuat ide dan pemikiran sang penulis dikenal. Tulisan akan memengaruhi emosi, menginspirasi, dan memotivasi para pembacanya. Tulisan juga merupakan ladang diskusi dan bertukar pikiran. Pujian, kritik, saran, bahkan hinaan karena ide kita pun dapat ditanggapi oleh orang lain jika kita menuliskannya di blog atau buku. Jika ide kita tidak dituangkan, siapa yang akan menanggapinya? Orang tidak akan tahu apa yang kita pikirkan jika tidak menulisnya.
Jika ditanya tentang manfaat menulis di blog daripada menulis buku, saya katakan dengan jujur bahwa saya tidak bisa menjawabnya secara lugas. Mengapa? Karena keduanya sama-sama bermanfaat dan membuat pemikiran kita dikenal orang. Namun, saya akan menjelaskan keuntungan menulis di blog daripada menulis di buku. Beberapa di antaranya adalah:
1.    Menulis di blog lebih cepat dipublikasikan daripada menulis buku. Ada beberapa tahapan  yang harus dilalui dan kriteria yang harus dipenuhi agar buku kita naik cetak. Sedangkan, menulis di blog tidak harus memenuhi berbagai langkah seperti kita akan menulis buku. Tinggal tulis, publikasikan di blogger/wordpress, dan selesai.
2.    Karena langkah-langkah yang ditempuh dalam mencetak buku, informasi yang kita sampaikan di buku tidak lagi aktual. Akan berbeda kasusnya jika kita menulis di blog. Informasi yang kita sampaikan akan selalu up to date jika kita rajin memperbaharui konten blog kita.
3.    Para pembaca akan lebih cepat menanggapi tulisan kita di blog daripada tulisan buku. Pembaca harus mengirim e-mail atau bahkan menulis surat untuk menanggapi, memuji, dan mengkritik tulisan kita yang kita belum tentu rajin membukanya. Jika kita menulis di blog, pembaca dapat menanggapi tulisan kita melalui komentar yang bisa kita balas langsung.

Dari sini kita dapat ambil kesimpulan bahwa menulis di blog lebih menguntungkan daripada menulis buku. Selain cepat dipublikasikan, pembaca akan lebih mudah mengomentari tulisan kita di blog. Maka dari itu, saya lebih memilih menulis blog lebih dahulu kemudian baru menulis buku.

You Might Also Like

0 Comments

Like us on Facebook

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *