Bagaimana Mengembalikan Semangat Blogging? (Menjawab Tantangan Seorang Blogger)

2/10/2017 12:59:00 pm

(Source: http://www.newsmobile.in/)
Setelah tadi kita berbicara tentang tantangan yang dihadapi seorang blogger, sekarang kita akan berdiskusi tentang solusi bagaimana kita menyelesaikan masalah-masalah kita saat blogging. Kalau belum tahu tantangan seorang blogger, silakan baca ini


Dalam blogging, tak jarang kita menemui berbagai kendala. Ada saja yang menghalangi atau membuat kita tak bergairah untuk ngeblog. Boro-boro semangat nge-blog, shalat berjamaah 5 waktu di masjid saja kadang ogah-ogahan (Bukan mau menghujat, tapi sebenarnya saya juga masih seperti itu, ushikum wa iyyaya,  saya pun juga menasihati diri saya sendiri). tapi, begitulah kenyataannya.

Berbagai kendala pun merintangi kita untuk nge-blog. Ada saja alasan kenapa kita malas untuk membuka laptop, meluangkan waktunya untuk menulis. Ada yang bilang saya gak ada waktu, tak ada internet, ada internet tapi lemot, gak punya ide, bosan atau malah gak punya laptop atau hp. Punya laptop pun pastinya dipakai juga untuk tugas kuliah.


 Apapun alasannya, selama hayat masih dikandung badan, kita harus tetap semangat nge-blog. Blogging memang butuh motivasi dan semangat tinggi. Ia juga butuh kemampuan dan kemauan yang prima. Akan tetapi, kemampuan tersebut bisa kita asah. Yang terpenting, kita harus selalu memperbarui kemauan kita. Setelah ada kemauan, kemampuan akan bisa kita asah secara bertahap.

Kesuksesan kita dalam blogging juga tidak bisa diraih secara instan. Ada tahapan-tahapan yang harus kita lalui untuk bisa mapan dengan blog kita. Blogger lain pun demikian. Berkali-kali mereka harus kirim e-mail agar diterima oleh AdSense, ada yang harus pasang mata mengecek traffic per hari. Begitulah kira-kira seorang blogger berjuang agar ia semakin puas dengan blognya.

Untuk menjaga semangat blogging kita, ada beberapa langkah yang bisa kita jalankan. Langkah-langkah tersebut adalah:

1.       Cari-cari ide. Mencari ide untuk blogging sangat penting. Kita belum tentu bisa menulis kalau kita tidak punya ilham untuk nge-blog. Ide blogging bisa kita dapat dari mana-mana. Beberapa di antaranya adalah:
a.       Buku. Buku merupakan gudang ilmu, begitulah ungkapan yang sudah lumrah  kita dengar. Ungkapan ini pun tidak akan lepas dari dunia blogging. Banyak yang bisa kita dapat dari buku, mulai dari tutorial blogging sampai ide untuk konten blog kita. Kalau blog kita ber-niche, sebaiknya mencari buku-buku yang relevan dengan niche blog kita.
b.      Koran, majalah, dan situs berita. Berita-berita yang ada di media dapat menjadi referensi kita. Dari berita, kita bisa menulis opini untuk menanggapi isu yang disajikan oleh berita tersebut.
c.       Media sosial, media sosial seperti Facebook, Twitter dll juga bisa menjadi rujukan blogging kita. Status dan cuitan yang berseliweran di linimasa media sosial kita adalah ladang ide buat kita.
d.      Blogwalking. Nah! Inilah yang paling sakral untuk seorang blogger. Blogwalking adalah aktivitas mengunjungi laman blog orang lain. Blogwalking merupakan salah satu ajang silaturrahim blogger di dunia maya. Tak hanya menambah silaturrahim, blogwalking juga menjadi ladang diskusi dan belajar para blogger. Syukur-syukur kita dapat ilmu baru setelah blogwalking yang bisa jadi inspirasi kita.

2.       Catat dahulu topik atau judul yang akan ditulis. Kalau dapat ide baru setelah membaca atau blogwalking, sebaiknya kita mencatatnya. Mengapa? Ini perlu dilakukan agar kita selalu ingat dengan apa yang akan kita tulis. Dalam pepatah Arab dikatakan:
العلم صيد والكتابة قيده # قيّد صيودك بالحبال الواثقة
Artinya: Ilmu bagaikan hewan buruan, dan tulisan yang mengikatnya. Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat.

Kita dapat mencatat topik, judul, atau langsung menulis kerangka tulisan kita. Tulislah secara kasar terlebih dahulu di buku catatan, sticky notes atau notes di HP. Yang penting, kita perlu mencatatnya terlebih dahulu agar selalu ingat.

3.       Refreshing. Kalau kamu bosan nge-blog, lebih baik menyegarkan diri dahulu. Mas Faisol Abrori di surgablogging.com berkata, "Ada baiknya, kita vacum sejenak dari dunia blogging kita. Sampai passion atau gairah menulis kita tumbuh lagi. Baru, saat itu kita bisa melanjutkan mengupdate artikel terbaru kita." Banyak cara untuk refreshing, jalan-jalan, fotografi, main game, atau tidur. Saya biasanya bersepeda keliling kota, main futsal, atau berenang untuk refreshing saat jenuh  dari blogging.

4.       Cari suasana baru. Kalau bosan dengan suasana tempat yang baru, cobalah suasana ruangan yang baru. Mungkin bisa kita lakukan dengan membersihkan dan sedikit merombak kamar kita. Bisa juga dengan blogging di tempat baru yang lebih nyaman dan mendukung mood seperti taman, perpustakaan, cafe, atau angkringan. Lumayan sembari menyeruput kopi. Tapi jangan nge-blog di kolam renang! Salah-salah, laptop kita yang jadi korban tercebur atau kecipratan air.

5.       Meluangkan waktu. Kalau memang tidak ada waktu, cobalah untuk memanfaatkan waktu sejenak untuk blogging. Ketika jadwal kuliah kosong, iseng-iseng untuk menulis artikel.

6.       Cari sinyal internet. Kalau tidak mempunyai perangkat yang memancarkan sinyal internet seperti router, cobalah menabung untuk membeli mini router atau yang biasa kita kenal dengan mi-fi! Jika ingin yang lebih murah, belilah modem! Masih juga tidak punya uang? Tenang, banyak cafe yang menyediakan internet gratis. Namun, kamu setidaknya merogoh kocek untuk membeli secangkir kopi. Masak ke cafe gak beli kopi? Uang masih tidak cukup juga? Pergilah ke wi-fi corner yang disediakan Telkom di setiap gerai telkom atau di spot-spot yang menyediakan layanan wifi.id ! Cukup dengan Rp 5000-6000,00 kita bisa menikmati internet sepuasnya selama 12 jam. Waktu selama itu sepertinya sudah bikin mata lelah untuk blogging. Puas-puasin blogwalking atau ngeblog dengan fasilitas internet cepat.

Itulah tadi beberapa solusi yang dapat saya jelaskan saat kita malas ngeblog. Solusi-solusi di atas merupakan jawaban dari tantangan blogger yang pernah saya jelaskan pada tulisan sebelumnya. Semoga dapat memotivasi dan memicu semangat blogging kita. Ada solusi lain atau ingin berdiskusi? Bisa kita lanjutkan di kolom komentar. Wallahu a’lam bishawab.


You Might Also Like

1 Comments

  1. Benar sekali artikelnya mas, sebagai seorang penulis di blog. Kadang ide-ide suka hilang atau semangat nge-blog mulai melemah. Hampir-hampir sama dengan hape, yang perlu di charge :D

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *