Kopi, Sumber Inspirasi Blogger

4/29/2017 05:26:00 pm Ikhalid "Ian" Rizqy Al Raihan 0 Comments


Blogging juga merupakan aktivitas yang menguras tenaga.  Oleh karena itu, kita pun butuh asupan untuk menambah tenaga kita. Kalau tenaga tidak tercukupi, otak pun tak akan mampu bekerja maksimal. Bayangin aja, badan lagi  lemes pulang kuliah, tugas menggunung, belum ada tanggungan lain! Saat itu, kita sudah sangat menguras energi kita untuk bekerja di pagi hingga siang hari.
Siang hari memang waktu yang melelahkan. Kalau sudah siang, sangat enak untuk beristirahat. Tidur siang memang enak untuk beristirahat. Tidur siang bermanfaat untuk melepas lelah dan menjadikan hari kita lebih semangat. Kalau tidak sempat istirahat, bagaimana, dong? 
Banyak jalan menuju Roma. Beditu pula dengan semangat ngeblog. Kalau kita memang malas blogging, ada saja solusi untuk mengatasinya. Jika kita merasa lelah, istirahatlah! Gak sempat? Minumlah kopi! Rasa pahitnya akan membuat mata kita melek lagi. Kopi juga mengandung kafein yang memacu jantung kita. Brgitu jantung berdetak aktif, kita pun serasa lebih semangat.
Menikmati secangkir kopi tak kenal waktu, tempat, dan kelas sosial. Anak-anak muda sampai orang dewasa, pria dan wanita, semua menikmati rasa pahit dari cairan pekat ini. Kopi sendiri berasal dari biji kopi (gue bener, kan...?) yang pertama kali diperkenalkan di Timur Tengah. Kopi kemudian berekspansi ke Amerika Selatan dan Asia hingga terseber ke seluruh dunia. Pada umumnya, biji kopi terdiri atas dua varietas, yakni kopi Arabica dan Robusta. Kopi sendiri dapat diolah menjadi berbagai jenis, mulai dari kopi hitam, kopi tubruk, kopi susu, sampai kopi dengan nama-nama yang njlimet macam espresso, cappuccino, macchiato dan sebagainya. 
Kopi mengandung kafein yang membuat kerja jantung lebih cepat. Kafein dalam kopi juga dapat menekan sel kanker. Kopi juga dapat mengurangi resiko diabetes, sakit jantung, sakit kepala, dan meningkatkan stamina. Di antara berbagai manfaatnya, manfaat yang paling bisa kita rasakan sebagai blogger adalah menghilangkan kantuk. Saat  mengantuk di waktu kerja, kita tentu butuh sesuatu yang menghilangkannya dan membuat kita lebih semangat dan fokus. Kopi lah yang bisa menjadi tombo ngantuk kita.
Kopi memang punya rasa yang khas dan khasiat untuk kita. Kita tentu ingin menulis maksimal dan puas setelah tulisan kita terbit. Stamina dan konsentrasi adalah kebutuhan kita agar maksimal dalam ngeblog. Salah satu yang bisa meningkatkan semangat saya dalam ngeblog adalah kopi.
Kapan sih waktu yang pas buat ngopi?
Waktu ngopi sebenarnya tidak ada yang tahu. Semua tergantung selera masing-masing. Ada yang lebih suka ngopi di pagi hari, ada pula yang suka di sore atau malam hari. Sekali lagi, semua tergantung selera. Tapi, ada beberapa yang mengatakan lebih baik ngopi pada jam 1 siang sampai jam 3 sore. Mengapa demikian? Menurut yang saya baca di tempo.co, waktu terbaik adalah di antara di antara jam 09.00-10.00 dan jam 13.00-17.00. Pada jam itu, hormon kortisol yang membuat kita terjaga menurun. Memang, di jam-jam itu, kita merasa lebih lelah dan mengantuk. Ngopi di saat itu menurut saya tepat. Apalagi, ada yang mengatakan tidak baik ngopi di jam sekian dan sekian. Daripada kenapa-kenapa, mending ngopi di siang hari aja.
Mungkin, hanya ini yang dapat saya tulis tentang ngopi. Kopi memang enak dan berguna khususnya buat para blogger agar lebih fokus. Cukup sekian dan terima kasih!